web widgets

Kamis, 04 September 2014

Sistem Koordinat Di sekitar Kita



SISTEM KOORDINAT DISEKITAR KITA



Arisnawati Dwi Purwani, S.Pd
No Urut: 18


Tujuan Pembelajaran:
Diharapkan siswa mampu membaca dan menentukan letak posisi suatu benda

Materi Pembelajaran:

Tentu kalian pernah berkunjung di kawasan perumahan, kawasan perumahan dirancang dengan desain dengan rapi dan apik yang memungkinkan akses  setiap rumah dengan jalan. Sekarang coba perhatikan kawasan perumahan berikut ini!



Jika kalian melihat denah peta perumahan di atas, kalian akan melihat rumah sudah diatur sedemikian rupa sehingga tertata rapi dan dengan jalan yang tersambung satu dengan lainnya seperti garis vertical dan garis horizontal. Tentu semuanya itu dimanfaatkan dengan seefisien mungkin dan  semua rumah dapat memiliki akses jalan yang cukup memadai. Nah jika kalian cermati, peta perumahan tersebut menunjukkan bahwa setiap rumah memiliki setiap posisi yang berbeda-beda  terhadap titik tertentu yang biasanya disebut system koordinat. Nah agar kalian lebih mengerti apa sih system koordinat  tersebut, ayo kita pelajari system koordinat dengan baik


Kegiatan 1.1

Pada kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu membaca denah Letak benda dan menentukan letak lokasi terhadap titik acuan tertentu.

Masalah 1.1
Perhatikan denah berkut ini! Kemudian jawab pertanyaannya!


1.       Definisikan letak perkebunan kelapa!
2.       Jika saya berangkat dari rumah (komplek perumahan) hendak pergi ke kantor kelurahan untuk mengurus surat keterangan jalan mana saja yang bisa saya lalui? Jelaskan!


Alternatif Pemecahan Masalah

Langkah 1
Untuk dapat membaca dan menentukan letak lokasi benda terhadap titik acuan tertentu, coba amati kembali letak masing-masing tempat seperti kantor kelurahan, perumahan penduduk, sekolah, persawahan, puskesmas, perkebunan kelapa, kolam, sungai, pasar, dan komplek perumahan. Perhatikan pula arah utara, timur, barat, dan selatan pada peta.
Langkah 2
1.       Letak perkebunan disebelah “utara, timur, selatan, barat” dari “letak lokasi lain pada peta:  persawahan, kolam, sekolah, ……”.
2.       Jalan mana saja yang bisa dilalui untuk menuju ke titik tujuan.
Langkah 3
1.       Letak perkebunan terletak di sebelah
Utara     : komplek perumaan
Timur    : puskesmas, kolam ikan, jalan dahlia, sungai, persawahan
Selatan : sekolah
Barat     : tidak ada

2.       Untuk menentukan jalan ini bias mempunayi banyak alternative pilihan, diantaranya:
a.       Melalui jalan Dahlia, perempatan kedua belok ke barat melewati  jalan Tulip
b.      Dari komplek perumahan ke selatan, melewati pasar tradisional, kali ini bias menyebrang jembatan melewati sungai, setelah ketemu persawahan blusukan, dan bertemu jalan didepan kantor kelurahan

Untuk mencari jalan menuju kantor kelurahan kalian mempunyai banyak alternative pilihan jalan. Nah bagaimana dengan jalan yang kalian lalui, apakah sama dengan jawaban saya, coba jelaskan!




0 komentar:

Posting Komentar